Di tulis oleh Arnoldus Edyson Taemnanu 2/O

Mualim adalah anak buah kapal (ABK) yang berijazah pelayaran niaga Nautika dan mendapat kedudukan atau jabatan di atas kapal sebagai perwira di bawa Captain. Mualim di kenal dengan Deck Officer di bagi dalam beberapa tingkat sesuai dgn tugas dan tanggung jawabnya yaitu:

  1. Mualim I/Chief Officer/Chief Mate Tugasnya adalah Kepala kerja Deck Departemen, bertanggung jawab atas muatan kapal, persediaan air tawar. dan mengatur arah navigasi
  2. Mualim 2/Second Officer/Second Mate bertugas membuat jalur/route pelayaran yang akan dilalui kapal ke suatu pelabuhan, bertanggung jawab terhadap semua alat navigasi untuk pemeliharaannya, Update peta-peta, dan sebagai operator radio di atas kapal dan mengatur arah navigasi.
  3. Mualim 3/Third Officer/Third Mate bertanggung jawab mengatur, memeriksa, memelihara semua alat-alat keselamatan Life Saving Appliance dan Fire fighting Appliance di atas kapal, dan sebagai pengatur arah navigasi.

Dari Tugas dan tanggung jawab secara garis besar adalah demikian tetapi di atas kapal kadang kita temui beberapa tugas-tugas tambahan sesuai dengan International Safety Management (ISM Code) Manual Perusahan tersebut.

Oleh karena itu setiap dari kita ingin naik / join kapal maka dari tugas-tugas tersebut yg secara garis besar telah kita ketahui tetapi wajib membaca ISM Code) Manual untuk lebih jelas dan terperinci atas tugas dan tanggung jawab kita masing-masing. sebab melalui ISM Code) Manual itu lah yang mengatur / memanage tugas dan tanggung jawab semua awak kapal.