Oleh Mas Edy

On Shore 11 Sept 2010

 

 

Noltime.com Sebelumnya saya pernah membuat tulisan menanggapi masalah skandal video porno yang sempat populer dan hingga saat ini entah masih lekat teringat dalam bayangan anda atau apakah sudah benar berlalu layak nya persolan demi persoalan yang di alami bangsa ini hingga begitu saja di lupakan publik.. takala datang lagi masalah atau problem baru hinggga akhirnya mengantikan posisi hedline pada berita – berita televisi dan persoalan lama pun begitu saja berlalu tanpak penyelesaian tuntas.

Sekedar hanya mengisi waktu-ku, aku mencoba tuk menggambarkan setuasi keseharian ku di selah kesibukan dengan sebuah tulisan, itulah salah satu tujuan personal blog ku buat. Sesuai dengan judul post ini maka aku ingin menyampaikan pengalaman ku tentang cara menyimpan sebuah file penting dalam latop. Saya sebut laptop karena pasti bukan hal mahal lagi saat ini untuk seseorang bisa memiliki alat ini dalam keseharian aktifitas atau sekadar hanya untuk multimedia.

Untuk meyimpan file berharga, baik surat2 penting, gambar2 dan lain sebagainya anda pasti akan memberi perhatian khusus dalam hal bagaimana cara menyimpan sedemikian agar aman dari pencurian atau aman dari diketahui oleh orang lain yang berakibat bisa bocor-nya rahasia perusahaan anda atau data pribadi lainnya. Atau bagi anda yang gemar mengoleksi software, aplikasi pilihan baik untuk handphone, laptop atau software2 penunjang di bidang pekerjaan yang anda simpan dalam media peyimpanan flash disk atau memory hardisk laptop, maka anda tidak ingin aksess orang lain yg mungkin berdampak pada hal-hal yang tidak anda inginkan seperti pembajakan dll. Maka tentu pilihan anda adalah mencari cara bagaimana menyimpan agar aman dari orang yang tidak anda perkenankan mengakses nya.

Bicara Privasi adalah semua orang pasti memiliki privasi…. Apakah anda juga adalah termasuk orang yang memiliki banyak koleksi vaforit soft data baik gambar, tulisan, suara dan sebagainya yang anda simpan dalam media media penyimpanan elektronik??

Apa pun media penyimpanan anda, apabila data tersebut adalah berharga, bernilai atau bersifat pribadi, artinya dimana pun anda simpan tujuan nya tentu adalah untuk melindungi data agar aman, tidak mudah di aksess oleh orang lain apalagi jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Banyak cara meyimpan data agar aman dari aksess orang lain, dari sekian banyak yang mungkin anda lebih tahu…, salah satu yang ingin saya share kepada kawan2 pelaut disini adalah MyWinLocker, MyWinLocker ini menurut ku cukup baik dari yg saya tahu untuk cara memproteksi data di computer anda. Dulu saya suka memakai folder hidden, menyembunyikan folder sehingga tidak nampak pada drive di computer. Namun, hal ini masih memiliki kelemahan-nya karena seseorang bisa lebih paham dari ku dan bisa memunculakn foder hiden tadi..!!  Maklum sekolah ku baris berbaris di lapangan… bukan belajar komputer.. smile_nerd .

Program atau media siluman yang saya maksud “MyWinLocker”,  Program ini bisa anda temukan pada laptop brand Acer Seri Aspire dan mungkin seri yang lain dengan bawaan standar saat anda beli. Anda akan temukan sebuah media dengan logo gembok bila diarahkan mose akan nampak tulisan MyWinLocker. Nah Program atau media proteksi ini, seingat saya ketika saya membaca term and policy-nya cukup serius…, ia meproteksi data anda tidak main2. Apabila anda memakai nya tidak serius pula dan anda lupa dengan kewajiban anda, maka data anda tidak akan bisa di ambil lagi walaupun memakai data recovery sekalipun… :)

Jangan tegang dulu… data anda benar2 hilang…, walaupun memang sampai hilang, itu terjadi karena kesalahan anda bukan kesalahan MyWinLocker. Jadi saya setuju dgn MyWinLocker. Bila anda menginginkan keuntungan yang besar, maka anda juga siap dengan resiko kerugian yang besar pula. Itu ilmu pebisnis. he2thumbs_up. Tapi ini masalah keamanan data ya boss, bukan bisnis. Jadi Oklah ya… ok  langsung ke Lapto yah..

Saya pengguna acer tapi bukan mempromosikan brand ini. Saya akan berbagi hal2 yang bermanfaat dari segi konsomen / pemakai seperti saya jadi anda yang memakai brand lain silahkan mencari sendiri MyWinLocker atau apalah nama nya  program lain yang  mempunyai fungsi seperti topik yang kita bicarakan ini.

Cerita sedikit seputar acer, menurut penilaian ku; brand ini memiliki layanan consumen yang cukup baik dari segi ketersediaan di indonesia, tidak susah apabila anda mengalami masalah dgn laptop maka tidak sulit pula untuk menemukan counter acer resmi untuk pengaduan. Apalagi di jakarta, menurut ku acer lah yang paling banyak gerai resmi nya dibanding brand yang lain. Jadi mempermudah pengaduan garansi dan sbb nya apabila konsumen dalam masalah. Walupun demikian, saya tidak juga membaggakan layanan acer ini. Karena latop ku pernah tinggal di Acer Mangga dua Squere hingga hampir dua bulan…. cukup meyebalkan bagi ku.smile_baringteeth Kata nya sih akan segera di hubungi dan alasan nya spare part masih kosong… dan katanya lagi seri terbaru jadi masih sedang di kirim dari luar negeri. dan sebagai nya. Apapun alasan anda acer, bagi saya tetaplah merugikan konsumen. Jadi pelajari trus setiap pengaduan konsumen sehinggan brand anda akan lebih menarik minat masyarakan indoneisa.. sedikit promosi.smile_tongue

Ok.. jadi apabila laptop anda adalah acer juga…?? silahkan simak tulisan iseng saya lebih lanjut… menyimak gambar – gambar screenshot berikut ini.

MyWinLocker pada laptop acer, akan anda temukan pada taskbar sebelah kanan bawah.

Perhatikan gambar saya. Bila tidak ada di situ, cari di Start, kemudian All Program dan sebagainya sampai ketemu. Atau klik pada kotak pecarian pada menu Start…anda pengguna windows 7. ahh pokonya anda tau lah.. ok.

 

MyWinLocker (1)

    (Gambar: MyWinLocker 1 )

 

 MyWinLocker (2)

(Gambar: MyWinLocker 2 )

MyWinLocker (3)

(Gambar: MyWinLocker 3 )

 

Anda sudah cukup amati gambar screenshot di atas, maka saya akan beri penjelasan singkat perhatikan baik2:

  • Pertama2 klik pada logo gembok contoh Gambar: MyWinLocker 1
  • Kemudian akan tampil pada gambar seperti Gambar: MyWinLocker 1. Ini karena saya telah menggunakan nya… tetapi, apabila anda baru pertama kali membukanya, maka halaman window yg muncul ketika anda klik logo gembok MyWinLocker akan di suguhkan window reset Master atau new password untuk mempersilahkan anda untuk memulai langkah-langkah awal pengaktifan password dan akan memulai proses pengistalan. (seperti pada umumnya memulai sebuah program baru). Perhatikan baik-baik. Ketika anda membuat password ini… pastikan dibuat dengan sadar, sebab saya kuatir anda begitu tergesah2 sehingga setelah anda selesai membuat password… lalu proses penginstalan pun berjalan hingga selesai, baru anda sadar wah pasword gw apa ya barusan ???  tadi lupa. nah… akhir nya winLocker anda gk bisa di gunakan.thumbs_down
  • Setelah proses penginstalan selesai, anda akan di suguhkan tampilan window seperti Gambar: MyWinLocker 2
  • Pada tahap ini anda di beri pilihan pengaturan. MyWinLocker akan membuat sebuah driver baru pada computer anda dengan membuat partisi baru dari drive yang telah ada, misalnya di C, atau di D, atau E sesuaikan dgn Drive computer anda. Tentulah di hardisk internal ya, bukan eksternal yang barangkali sedang tertancap di USB compi anda. Paham ya maksud saya.. :)

Saya jelaskan sedikit tentang settingan yg ada disana… seperti gambar di atas:

Idle protection : maksud nya, anda di suruh memilih (untuk berapa lama) apabila kumputer tidak di gunakan dalam beberapa menit maka otomatis drive MyWinLocker akan tertutup. Pilihan ini anda bisa pilih menit sesuai keinginan, atau pilih never untuk tidak terkunci otomais sehingga menunggu anda untuk menutup sendiri dgn meng-klik printah close pada window drive MyWinlocker. Walaupun demikian, anda jagan kuatir pilihan pada never ini sebab saat komputer anda idle untuk beberapa saat (menit) kumputer anda pasti juga akan beruba mode ke standby. betul??. nah winLocker tidak kompromi, setiap laptop Standby MyWinlocker juga akan tertutup sendiri. Dan juga setiap mematikan dan menghidupkan laptop… jadi selalu aman boss.

You-safe Location : Maksud nya adalah sebuah tempat di lokasi mana anda ingin MyWinlocker membuat partisi baru pada computer anda. Jadi, pastikan pilihan anda pada drive yang free kapasitas masih banyak. Contoh kalo di C adalah system anda, maka buatlah di D agar tidak mengurangi kapasitas drive C yang barangkali tidak terlalu besar kapasitas nya.

You-safe Capacity : Maksud nya adalah berapa besar volume dalam MB partisi yang anda ingin dibuat oleh MyWinLocker sebagai drive baru tempat menyimpan file yg terproteksi. Maka pilihan ini di isi dengan keinginan anda misal nya 20000 MB untuk 20GB.

Setelah settingan atau pilihan – pilihan anda sudah selesai, selanjutnya klik pada tab Apply atau tab OK. Sesaat anda di minta menunggu… MyWinlocker sedang prosess pembuatan Drive baru dgn Letter penyesuaain dgn nama driver yg telah ada.

Kemudian centang pada box open, lalu klik lagi pada tab OK. Selanjut nya, terbuka bagi anda sebuah drive baru yang masih kosong.

Silahkan di buka pada Windows Explorer, maka anda akan temukan sebuah drive baru dgn nama Yo-Safe.

Drive inilah yang saya sebut tempat aman anda meyimpan data yang ingin anda perlakukan khusus agar aman dari orang atau teman, keluarga yang tidak sengaja nanti membuka komputer ada.

Catatan:

  • Data yang nanti anda pindahkan dari flash disk atau drive laptop ke dalam yo-safe ini, system akan otomatis menghapus data lama pada tempat lama anda meyimpan data tersebut. Jadi jgn heran bila selesai anda copy, cari lagi di tempat lama uda gk ada. Namun, pastinya setiap perubahan yang di lakukan oleh sebuah program atau system computer pasti ada notificationnya atau pemberitahuan. Maka selalu baca konfirmasi2 yg muncul bila anda mengerti bahasa operation ( english ).., computer itu tidaklah sulit. Jaman saat ini… anda di tuntut lebih kepada menguasai pengoperasian bukan hal theknis sebuah computer.
  • Biasakan anda tidak selalu biarkan data sedang terbuka… usahakan bila anda hendak membutuhkan data saja, baru boleh buka Yo-safe.
  • Selesai membuka file yang ada pada drive Yo-Safe, close atau exit terlebih dahulu file-nya sebelum anda ingin menutup drive utama yo-safe.
  • Biasanya setelah anda close, Drive Yo-safe akan hilang dari list drive yang ada di laptop anda. Tetapi jgn kwatir… pasti masih ada hanya dihidden saja oleh MyWinLocker System. Sehingga pengguna lain tidak mengetahui drive siluman anda.

Saya akan meng-update lagi tulisan saya apabila ada pengalaman baru… Karena saat baru ingin saya publish ke blog, saya baru selesai update dan nemu tambahan fungsi baru yaitu Port Locker. Lain waktu saya tambahkan.

Selamat mencoba suksess..