Oleh Mas Edy

On shore 14 August 2010

 

Noltime.com Pengalaman saya dalam menghitung error compass, banyak Officer maupun cadet yang sibuk terlebih dahulu dengan membayangkan perhitungan yang begitu rumit sebelum ia benar – benar melaksakan nya. Maka alhasil "malas" dan "banyak pekerjaan" sehingga tidak sempat mengambil error kompas begitu alasan nya.

Maka ada baik nya anda fokuskan pikiran anda hanya pada dua hal saja yaitu :

  1. Compass Azimuth dan
  2. True Azimuth

 

Compass Azimut, anda tidak perluh menghitung untuk mendapatkan nya tetapi melakukan pembaringan langsung terhadap matahari. Sedangkan..

 

True Azimuth di dapat dari perhitungan kecil membuka Nautical Almanac dan Daftar Ilmu Pelayaran atau juga Norie`s Nautical Tables.

Setelah anda melakukan kedua hal itu, maka error compas pun dapat di ketahui.

Mari kita memulai pelaksanaan dengan:

STEP I. Compass Azimuth.

Untuk mengetahui Compass Azimuth maka kita di haruskan melakukan baringan terhadap matahari langsung dengan tahap – tahap sebagai berikut:

Di atas kapal kita harus mempunyai alat2 seperti Gyro Compass, Standard Compass, dan Repeater. Dan kemudian kita juga ada alat yang nama nya Azimuth Mirror dan Chronometer / alat penunjuk waktu tersedia di atas kapal. kalo gk ada Chronometer bisa menggunakan jam yg ada di GPS. Jam nya itu terupdate dari satelit jadi akurat.

Setelah semua nya ada di atas kapal perhatikan lagi karena kita nanti juga akan menghitung True Azimuth untuk waktu yang sama dimana anda mengambil compass azimuth tersebut maka persiapkan juga Nautical Almanac, Daftar Ilmu Pelayaran, atau Norie`s Nautical Tables suda stand by untuk di gunakan.

 

Setelah itu kita akan memulai pengambilan baringan atau Gyro bearing matahari tetapi sesaat sebelum atau sesaat setelah pengambilan baringan, perikasa dulu penunjukan haluan standard compass, gyro compass atau master gyro (yang adanya sedikit tersembunyi bisa anda cari di sekitar kemudi itu ada lubang kecil lalu intip). Kemudian cek juga steering, dan Center Repeater, Starboard and Port Repeater. Suda, lalu catat penunjukan haluan masing2 dan juga perbedaan satu sama lain bila ada. Atau apabila perbedaan nya cukup besar misal nya lebih dari 5° maka perluh di adjust repeater paling tidak lebih mendekati sama dengan penunjukan master gyro atau lebih kurang dari 3° boleh lah untuk Master Gyro dan Repeater. Bukan magnetic kompas (standar kompas) mengapa? Karena gk mungkin kan anda adjust master gyro disamain dengan magnetic compass atau Standar kompas??

 

Selanjutnya silahkan menghampiri salah satu repeater entah itu yang center repeater atau starboard dan port repeater yang mana menurut anda leluasa tidak terhalang bagian2 anjungan kapal bila saat pengambilan baringan.

 

Letakanlah azimut mirror pada bagian atas repeater. Pastikan circular plate azimut mirror masuk benar pada bundaran repeater. Kalo masih belum pas anda coba sedikit di tekan sampai benar masuk dan bisa di geser / putar tidak lengket atau terasa berat.

 

Arahkan reflecting glass (macam kaca pemantul) azimuth mirror ke arah matahari ( paling baik matahari sekitar jam 4 soreh sampai jam 5 soreh atau jam 6 bahkan mendekati sunset kalo langit cerah sehingga nampak jelas matahari, sebalik nya juga di pagi hari dengan tinggi matahari tidak terlalu tinggi tetapi jelas dan bersinar terang ) kemudian adjust dengan mengerakan reflecting glass tersebut dari atas ke bawa sampai pantulan matahari tepat di kaca yang lain pada piringan Azimut mirror tsbt. Sesuaikanlah dengan ayunan oleng kapal ke kiri dan kanan. Tahan lah pada bidang datar dengan kelincahan mata anda melihat titik tengah dari pengukuran spirit level (macam water pass) pada azimut mirror tsbt. Sehingga pada mark disk atau mawar compass repeater anda akan mendapati seberkas sinar tepat seperti garis cahaya mengenai titik-titik derajat pada mawar repeater. Pada saat yang tepat pula baca lah penunjukan nya… Lalu catat. (catat menunjukan berapa derajat)

 

Dengan waktu yang hampir bersamaan juga, bacalah penunjukan jam. Catatlah  dalam detik-menit-dan jam. Dan tentu juga tangal hari itu. ( langsung aja dlm jam GMT)

 

Catat juga posisi GPS anda Lintang dan Bujur saat tersebut.

 

Informasi atau data tersebut bisa anda catat dengan urutan dan format pada sebuah buku catatan/cakaran perhitungan Error kompas seperti ini:

 

Date : 23 – JUL- 2010

Time : 09h 36m 40s  UTC (utc atau GMT sama saja maksud nya)

Position : Lat:  02° 31.20′ N       Long:  101° 30.00′ E   (Malacca Strait)

Compass Azimuth :     291°     ( Port Repeater)

Course,  Gyro: 128°   Standard:   130°    Steering:  128°

 

Atau seperti gambar.

Error-calculation-1

                                    Gambar STEP I. Compass Azimuth

 

Anda telah menyelesaikan STEP I. Compass Azimuth,  perhatikan baik2 setelah anda menyelesaikan tahap ini berarti anda telah menyelesaikan  1 tugas di antara 2 tugas utama  sebagai sumber informen untuk mengungkap error compass. Seperti yang suda saya katakan hanya ada dua poin utama tugas anda untuk menyelesaikan perhitungan Error Compass yaitu  Compass Azimuth, True Azimuth.

Maka Step berikut nya, kita masuk pada ulasan menyelesaikan True Azimuth atau bisa kita sebut:

STEP II. True Azimuth

To be continue.. Next Post