Oleh Mas Edy
On Shore 11 August 2010
Perbarui: 02/Mar/2016 ( Judul dan Isi )

 

Noltime.com Saya akan bercerita sedikit tentang  bagaimana mencari Compass Error, tapi pasti teman2 suda taulah … Ok. Namun ini gaya bahasanku. nanti akan saya uraikan dengan santai dalam 2 atau 3 bagian postingan secara terpisah, supaya teman2 yang belum paham benar akan mengerti Menghitung Compass Error.

Apa itu TRUE AZIMUTH dan COMPASS AZIMUTH, metode perhitungan menggunakan "NORIE`S NAUTICAL TABLES" dan juga calculator dengan menggunakan formula atau rumus.

Yang menjadi poin pertanyaan saya hingga masalah compass error ini saya tulis adalah “Sudah kah anda mengerjakan minimal salah satu Deck Officer atau cadet di anjungan untuk mengisi buku jurnal kompas dengan prosedur dan perhitungan mulai dari membaring matahari sampai pada orek2an di atas kertas hingga mendapat baringan sejati matahari atau True Azimuth?”.

Persoalan:

Banyak dari kita deck officer yang sibuk terlebih dahulu dengan membayangkan perhitungan yang begitu rumit sebelum ia benar – benar melaksanakan nya. Maka yang ada malas, banyak pekerjaan lah. dll. sehingga tidak sempat mengambil compass error. itulah alasan klasik.Open-mouthed smile

Pengalaman pribadi…. sewaktu saya join pada salah satu kapal asing dan kebetulan crew nya adalah berkebangsaan Indonesia, Philiphin dan Malaysia. Mualim nya campur ada Philiphin dan juga Indonesia termasuk saya. Nah masalah yang jadi perhatian saya adalah di anjungan seorang teman bilang begini "Bagaimana cara menghitung compass error. Di kapal ini menggunakan Norie`s nautical tables, saya benar belum paham menggunakan nya. Kita dulu mempelajari nya di sekolah dengan menggunakan Daftar Ilmu Pelayaran atau DIP" Ujar teman saya.

Nah jadi kawan saya betul…. di Indonesia yang diajarkan dosen menggunakan Daftar Ilmu Pelayaran DIP sedangkan di kapal yang ada Norie`s Nautical Tables.. Ayo jadi repot kan..?? Yang mana dosen nya apa system kurikulum kita….?! Soalnya nggak real apa yang kita temui di lapangan dengan apa yang diajarkan di bangku kuliah. Right hug

Ahh bodo yang di cari duit bukan jadi Ahli Nautical di kapal…! Left hug Padahal jelas-jelas menyandang gelar ANT Ahli Nautika Tingkat .. berapa ayoo… yang bergelar tingkat tinggi harus bisa tanggung jawab ya atas gelar nya. he2 becanda boss jangan tersinggung.

Jadi begini menurut pemahaman saya ini hanyalah masalah tabel "Daftar Ilmu Pelayaran" atau "Nories Nautical Tables" Saya anggap sama saja tapi yang berbeda hanya tata letak logaritma nya sehingga membingunkan bagi yang belum pernah membuka nya.

    Kalo anda juga mengalami masalah ini, maka dapat anda temukan beberapa postingan yang beberapa tahun yang lalu saya telah menulis dan memposting nya dan dgn beberapa kali perbaikan revisi yaitu:
    1. True Azimuth
    2. Compass Azimuth
    Saya hanya iseng saja berbagi pengalaman bukan mengajari jadi hanya sejauh yang saya pahami.  Kalau diantara para pembaca ada senior atau pengajar atau dosen disini.. mohon maaf ya, seyum-seyum aja di maklumi he2… masih dlm belajar terus belajar. abis sekolah lupa lagi. Paham seminggu, lupa bertahun2. begitulah. Hot smile