Noltime.com | Di pagi hari ini saya mencoba biasakan jari-jari tangan ini untuk bergerak mengetik beberapa hal yang sedang numpang mampir di pikiran sebelum nanti akan pergi dan lupa, bersamaan dengan sedikit lagi kopi di gelas, maka saya menuangkan dalam sebuah judul tulisan ini…. Apa saja yang ingin diketahui oleh seorang pelaut?… Banyak hal tentu nya.! Salah satu yang ingin saya catat disini adalah mengenai informasi pelabuhan Vungtau-Vietnam yang saya ketahui sedikit dari keseluruhan dan barangkali bermanfaat bagi teman2 pelaut.

Shore Base Supply:

Pelabuhan sandar kapal supply di sini namanya PTSC shore based. Kita sebut PTSC Port.  PTSC port ini cukup ramai oleh kapal supply yang sandar. Nomor berth-nya ( arah dalam ke luar) dimulai dari #03 – #09. Nomor #03 – #08 digunakan oleh operasional kapal suply. Sedangkan nomor #9 (ujung luar) digunakan oleh heavy lift ship.

Di sini kapal-kapal supply tidak stand-by anchorage, tapi langsung sandar dan double bunk sehingga cukup ramai di port ini. Bila salah satu kapal pada posisi 1st boat hendak cast off pindah loading berth atau sailing, maka tentu kapal 2nd boat dan 3rd bahkan 4th boat juga ikut bergerak dan berpindah sandar dan kesibukan kapal yang lain pun tidak terelakkan.. Sehingga kesibukan sandar di PTSC port ini dalam sehari stand by shifting pergerakan kira-kira 2 – 4 kali dan lamanya setiap shifting ( +/- ) 2 jam.

Jetty:

Arah jetty: 107.  Pengisian Potable Water atau Drill Water bisa langsung connect hose dan buka keran di jetty. Setiap nomor berth ada box water connection. Tidak memerlukan bantuan  orang darat hanya bila tekanannya lambat atau pelan baru dapat panggil VHF-CH.16, call “PTSC Port” untuk dinaikan tekanannya. Selesai bisa langsung tutup kran di jetty dan catat meteran airnya jangan lupa sebelum dan sesudah.

Untuk loading cement,  Barite, Mud, Base oil adalah di berth No.3. Bunker fuel biasanya dari tanker kecil datang sandar double bunk STS di jetty. Perhatikan kumungkinan untuk shifting dll.

Tempat Jalan-Jalan Shopping:

Kota Vung Tau kota yang cukup baik bersih rapi tertip dan tidak terlihat macet. Jangan membayangkan mall besar seperti Arta Gading, Kelapa Gading ITC, dll. Namun tidak perlu kuatir walaupun tidak besar tapi cukup untuk mencari kebutuhan-kebutuhan standar yg diinginkan. Nama tempat-tempatnya antara lain:

1. Coop Mart 1.
2. Coop Mart 2.
3. Lam Son Square
4. Imperial Plaza
5. Ba Cu Street ( alun2 malam)
6. Cable car hong park ( seperti ancol ) share dari teman
7. Black pearl bar (live music) share dari teman
8. TGT dichotic. share dari teman

Namun bila tempat-tempat diatas tidak memadai atau ingin mencari sesuatu yang tidak ditemukan di sini (electronik) misalnya anda dapat menuju Ho Chi Minh City. Dengan taxi dapat ditempuh +/- 2jam atau degan Bus +/- 2 jam juga. Di sini Vietnam tidak seperti di Indonesia menunggu pada terminal bus. (tidak ada terminal) tapi calon penumpang perlu membeli tiket pada salah satu agent perusahaan transportasi setempat kemudian menunggu pada tempat tersebut (biasanya disediakan ruangan tunggu) sampai bus datang menjemput anda dan para penumpang lain yang telah menunggu.

Tiket bus seharga 150rb dong. atau sekitr 75rb rupiah anda suda bisa bepergian ke Ho Chi Minh City. Bila ingin menggunakan taxi sekitar 1.5jt dong, atau uang indonesia sekitar 750rb rupiah.

Alternatif lain anda dapat memilih transportasi kapal cepat hydrofoil boat dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Saya suda mencoba menggunakan transportasi ini waktu ingin pulang dari Ho Chi Minh City ke Vungtau. Namun ketika saya datang ke pelabuhan nya tidak tersedia kerena memeliki schedule tidak setiap hari. info akan saya update. anda bisa lihat model transportasinya disini https://www.youtube.com/watch?v=Y5HS77nb4rM

Di Vietnam baik Vung Tau maupun Ho Chi Minh City, tersebar bayak toko dan tidak terpusat pada satu tempat saja, atau seperti mall misalnya sehingga anda harus cukup waktu untuk berkeliling kotanya dan anda akan menemukan di sudut-sudut jalan, persimpangan jalan toko yang menjual perlengkapan tersebut dan kelebihan ya juga ia menjual dengan cukup lengkap jenis barang yang dijual pada toko tersebut.

Tambahan juga di Vung Tau kemungkinan Rumah sakit / Hospital yang mumpuni tidak tersedia karena pernah kamai alami seorang crew membutuhkan pelayanan medis (operasi usus buntu) harus dilarikan sejauh 2jm ke Ho Chi Minh City. Jadi, apabila anda membutuhkan layanan medis yang setingkat operasi, maka anda harus siap-siap cukup waktu untuk sampai pada kota Ho Chi Minh City.

Kapal-kapal supply yang pernah termonitor operasi di sini :

1. SEA CHEYENNE

2. SEA COMANCHE

3. SWIBER ELSE-MARIE

4. TOURMALINE

5. VOS ATLAS

6. SK LINE 106

7. SEABULK RAVEN

8. BAHTERA MULIA

9. POSH VIRTUE

10. POSH SHEARWATER

11. WM MAKASSAR

12. POSH VIKING

13. SEA CHEROKEE

14. PACIFIC 999

15. PACIFIC TITANIUM

16. PACIFI EXCELLENT

17. PACIFIC PALLADIUM,  dan beberapa yang lain lagi..

Demikian semoga bermanfaat. Bila ada kekurangan akan saya perbaharui kembali dan bila teman-teman juga punya info seputaran tempat ini mohon dishare juga. Thks,

Vung Tau Anchorage 26/12/14

Di perbaharui 21/02/16