Oleh Mas Edy

Marine Higher Education Institute
In progress Updated 07 Nov, 2010

Noltime.com  – Memuat, Hukum Maritim, catatan belajar-ku
Laytime adalah periode waktu yang telah disepakati antara para pihak di mana pemilik kapal akan membuat dan menjaga kapalnya tersedia untuk memuat / pemakaian tanpa pembayaran tambahan untuk barang tersebut.
Dalam pelayaran komersial, laytime adalah jumlah waktu yang diperbolehkan (dalam jam atau hari) dalam Kontrak Affreightment atau Piagam Partai untuk bongkar muat kargo. Jika laytime telah terlampaui, demurrage terjadi.

Atau, Waktu yang diberikan oleh pemilik kapal (dinyatakan sebagai jumlah hari atau jam atau sebagai jumlah ton per hari) kepada pencharter atau pemegang bill of lading di mana untuk memuat dan atau pembongkaran kargo.

Demurrage adalah denda yang harus dibayar oleh penyewa kapal karena menggunakan waktu pemuatan dan atau pembongkaran melebihi alokasi waktu yang disetujui.

Despatch adalah penyelesaian pemuatan atau pembongkaran yang lebih cepat dari pada alokasi laytime yang disediakan sesuai c/p: 1. pengiriman.2. lamanya kapal singgah dan tinggal dipelabuhan. penyelesaian pemuatan atau pembongkaran muatan kapal, lebih cepat daripada waktu yang disetujui.

Despatch Money adalah uang kompensasi despatch

Reversible laydays adalah:
1. kelonggaran tenggang waktu yang diberikan kepada kapal carteran untuk memulai pembongkaran atau operasi.
2. waktu dimana pencarter dapat melakukan pemuatan atau pembongkaran tanpa biaya extra laytime.

Atau, Reversable Laydays adalah kompensasi antara hari-hari Despatch dengan hari-hari Demurrage satu sama lain.

Postingan lain yang berhubungan: