Oleh Mas Edy

Onshore, 1 March 2010

Maps atau peta bagi saya sangan penting sekali, entah karena saya sebagai seorang pelaut dan bekerja di kapal yang selalu berhubungan dengan peta.

Ovi maps dan Google maps mungkin dari sebagian kita lebih mengenal nama google karena google sudah menjadi icon dunia internet. Sedangkan ovi maps, barangkali hanya sebagian orang saja terutama para pengguna handsets Nokia sudah tidak asing lagi. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga para pengguna Nokia belum tentu mengoptimalkan handset nya pada hal, handset terbaru saat ini sudah mendukung banyak hal yang tidak hanya sekedar alat telepon biasa.

Ovi maps adalah sebuah aplikasi besutan Nokia, dan Google maps lebih kepada free aplication untuk kebutuhan mobile khalayak umum pengguna mobile divice. Dari kedua maps ini, saya akan bercerita sedikit mengenai pengalaman saya menggunakan nya. Ovi maps sendiri masih disebut nokia maps waktu itu setahu saya di kenalkan oleh nokia N95 keluaran pertama. Sedangkan google maps saya baru menggunakan nya kira-kira akhir tahun 2008. Saya mendapatkannya  waktu itu iseng-iseng menggunakan hp saya untuk googling dan tidak sengaja saya mendapatkan link download google maps di http://m.google.com/latitude Karena saya mengetahui google maps hanya membukanya dari pc, maka saya pun lumayan gembira wahh.. sekarang google maps bisa di download dan di instal ke handphone.

Nah ketika saya sudah mengistal google maps tersebut pada handset nokia saya, keterbatasan saya untuk mengakses google maps di pc pun tidak menjadi halangan. Seakan-akan kamera pengintai satelit sudah ada di genggam saya. Sejalan nya waktu, saya merasa wahh google maps sangat lah membantu kebutuhan saya. Contoh nya, saya ingin mencari alamat sebuah perusahaan pelayaran atau browker, maka yang terpenting adalah saya memasukan atau mengetik nama jalan pada kolom search, klik lalu google maps akan menunjukan letak jalan tersebut. Apabila saya hendak pergi ke alamat jalan tersebut, maka saya perintahkan google maps untuk menuntun jalan dengan panduan GPS (Global Position System) handset saya. Benar2 menyenangkan seolah – olah saya membuat way poin pada GPS di kapal dan saya mulai berlayar dengan sepeda motor andalan ku yang menggunakan box di belakang. haha…  maklum mobil blum kebeli. doain ya. ok, lanjut…

.. trus, apabila kapal keluar dari track maka alarm pun berbunyi pertanda kita harus mengeset auto steering lagi agar kapal tetap pada garis haluan.

Dengan berjalan nya waktu terus pada akhir nya saya menggunakan Nokia E72, dari panjang perjalanan Nokia mengupayakan produk- produk nya dari persaingan terhadap kemunculan handset merek baru maupun merek lama yang mengancam posisi nya sebagai pemimpin pasar ponsel baik kelas kacang goreng maupun sampai kelas smartphone di Indonesia. Seperti kemunculan Blackberry, Samsung, Sony Ericson dan Motorola dengan product andalan masing-masing dan system operasi yang beragam. Kemudian akhirnya saya mengenal Ovi maps yang terbaru yang disertakan pada E72. Sebenarnya masih biasa-biasa saja karena tentuh bagi saya google maps masih lebih unggul. Tetapi sejalannya waktu, saya mengupdate trus ovi maps dan ternyata ovi maps bukan sekedar maps biasa, walaupun google maps tetep favorit ku.

Manfaat yang saya perole dari menggunakan google maps dan Ovi maps selama ini, saya akan memberikan sedikit tips dan manfaat secara pribadi yang benar-benar saya alami sebuah Google maps dan Ovi maps sangan membantu dan memenuhi kebutuhan mobile saya, antara lain:

Contoh saja, saya datang ke sebuah kota yang baru pertama kalinya sehingga saya tidak mengetahui banyak tempat, pusat perbelanjaan, nama jalanan dll. Sebut saja Jakarta, anda baru tiba di soekarno-hatta airport lalu anda hendak ke Tg. Periok dengan taxi. karena anda orang baru, sopir taxi pun kadang suka iseng di bawa mutar-mutar sebelum tiba di tempat tujuan. Alasan nya di depan macet, di sini macet liwat sana lebih baik. Dan ternyata macet juga…. akhirnya anda harus membuang waktu cukup lama sampai akhirnya tiba di tempat tujuan.

clip_image001

Saya sekedar menampilkan gambar berikut ini cara menggunakan ovi maps.

Pertama – tama bukalah handset nokia anda, seperti gambar di samping

1).Kemudian pilihlah icon seperti yang saya lingkarin warna pink.

2).Kalo tidak ada di tampilan awal, silahkan carilah di menu apps.

3).Kalo tidak ada juga silahkan upgrade software nokia anda dgn ovi maps terbaru menggunakan Computer kalo anda mengerti cara mengupgrade tentu via internet. kalo tidak mau repot ya datang langsung  ke nokia care terdekat mungkin kena charge, kalo langsung liwat internet ya saat ini free.

mobile2 Berikut nya, pilih icon pada gambar ditandai lingkaran.

Pada tampilan ini ada beberapa pilihan lain silahkan di coba-coba. Karena kita naik taxi jadi saya pilih drive. Saya yakin anda pasti di manjakan dengan menu ovi maps yang semakin hari semakin di update.

 

 

clip_image003

Ok.. Lanjut, sekarang anda di minta set destination ( set tujuan) pada pilihan ini ada bberapa pilihan:

- history artinya; set tujuan anda dari tempat yang baru saja atau sudah perna anda lewati.

- favorites artinya; set tujuan anda bisa dari tempat yang sudah anda simpan dalam handset anda.( akan di simpan dalam favourite ).

- Search artinya; set tujuan anda dengan mencari (ketik nama jalan, tempat, kota dll. akan menunjukan jalan kesana) seperti gambar berikut.

-From maps artinya; set tujuan anda plot langsung di maps.

to be continue……