Oleh Mas Edy
Marine Higher Education Institute
In progress Updated, 17 Mar, 2011
Noltime.com|Meteorologi & Oceanografi, catatan belajar-ku
Meteorologi & Oceanografi (edit by mas Edy)

 

1.  ……………
a. Apakah perbedaan antara front panas dn front dingin pd depresi daerah sedang ?
Jawab :
Perbedaannya :
– Front panas : sebuah front yg bergerak atau bergeser

– Front dingin : Front yg bergerak ,dimana masa udara yg lebih dingin mendesak/ mengeser masa udara yg lebih panas

b. Sebutkan jenis – jenis awan dan keadaan cuaca yg dapat terjadi masing – masing pada fron panas dan fron depresi daerah sedang !
Jawab :
B.1 Front panas depresi daerah sedang :
Umumnya terbentuknya awan2 berlpis atau awan stratus-from misalnya nimbus stratus alto strartus dan cirrus stratus yg dapat menibulkan terjadinya hujan, sehingga didpt from panas tsb terdapat cuaca buruk.
– hujan yg jatuh did pt from panas tsb umumnyaadalah hujan merata atau hujan.
– dibelahan bumi utara di dpt from ini arah angina adalah dari selatan sampai dgn tenggara, sedang dibelahan bumi selatan arah angin adalah dari utara sampai dgn timur laut
B.2 from dingin depresi daerah sedang. Terbentuk awan2 dgn bertumbuh vertical atau cumulus from ialah: awan2 comulus nimbus dan cumulus- congestus yg dapat menimbulkan hujan tiba2 atau hujan jenis shower
-Arah angin dibelakang front dinginin dari utara sampai barat laut utk belahan bumi utara dr selatan sampai dgn barat daya belahan bumi selatan.
-keadaan cuaca pada front dingin depresi daerah sedang umumnya lebih buruk daripada from panas.
– depresi daerah sedang tsb pada umumnya bergeser dalam arah dari barat ke timur sejajar dengan isobar2 di dalam sector panas. From dingin dan from panas depresi daerah sedang saling bertemu dan bersambung pada pusat depresi disekitar pusat dan sepanjang from dingin dan panas pada sector dingin depresi daerah sedang terdapat cuaca yg buruk.
2.  ……………
a. Sebutkan beberapa faktor yg mempengaruhi penurunan temperature antara daerah equator dan daerah kutub sangat tidak terratur, sehingga garis-garis isoterm tidak mengarah barat ke timur !
Jawab :
Faktor2 yg mempengaruhi adalah:
– Distribusi daratan yg ada dipermukaan bumi
– Angin yg bertiup dr daratan, terutama akan mempengaruhi temperatur udara diatas laut
– Pertemuan arus panas dn arus dingin permukaan laut, yg umumnya terdpt disemua lautan

– Air dingin yg muncul dari bawah kepermukaan karena adanya UP-Nelling

b. Jelaskan mengapa daerah2 lautan Atlantik Utara penurunan temperatur permukaan antara daerah equator dn daerah kutub sangat tdk teratur !
Jawab :

Daerah2 lautan Atlantik Utara penurunan temperatur permukaan antara daerah equator dn daerah kutub sangat tdk teratur karena: Dilautan Atlantik Utara Dimana arus panas Gulf-Stream selepas mengalir dari pantai Amerika Utara menyeberangi Laautan Atlantik sebagai arus North Atlantik Drift,sementara Arus dingin Labrodor mengalir ke selatan di antara arus Gulf-Stream dan pantai Amerika Utara,menyebabkan terbentuknya pola Isotherm yg tdk teratur,dimana grs2 Isotherm mengarah baarat ke timur tetapi mengarah barat daya ke timur laut di selatan New Foundland,dimn dr daerah ini merupakan gradien isotherm yg tercurang di dunia

3.  ……………
a. Sebutkan daerah yg disebut sebagai daerah bebas siklon tropis dan jelaskan pula mengapa daerah tersbut dapat terbebas dari terbentuknya siklon tropis !
Jawab :
Daerah yg disebut daerah bebas siklon tropis dan mengapa daerah tsb dpt terbebas dari terbentuknya siklon tropika.
-  Disekitar dn sepanjang Ekuator antara lintang 8 Utara dn lintang 8 selatan.

– Didaerah2 sekitar Ekuator tidak dapat terbentuk siklon tropis, karena didaerah2 sekitar Ekuator tersebut mempunyai nilai gaya corioli yg kecil bahkan tepat di atas Ekuator nilai gaya corioli sama dgn nol

b. Apakah yg dimaksud dengan gelombang pasang siklon tropis dan jelaskan bagaimana gelombang pasang siklon tropis tsb ?
Jawab :
Yg dimaksud dgn gelombang pasang siklon tropis ialah:
  • Keadaan permukaan laut dibawah pusat sebuah siklon tropis mengelombang dan lebih tinggi dari sekitarnya.
  • Gelombang pasang siklon tropis terjadi.
  • Air permukaan laut dr sekitarnya yg terkumpul ke arah pusat siklon tropis oleh angin yg mengalir dn menyeret air laut dr segala jurusan sn menuju kearah pusat siklon tropis.
  • Disamping tekanan udara yg sangat rendah di pusat siklon tropis,sehingga permukaan air laut tersedotnaik ke atas.
4.  ………………..
a. Apakah yg dimaksud sebagai pola depresi pada analisa isobar
peta sypnoptik permukaan laut ?
Jawab :
– Depresi suatu daerah dimana dengan tekanan yg relative rendah minimum puasatnya yg dikelilingi oleh satu atau lebih garis isobar tertutup.
– Karna adanya pusat depresi pada lapisan bawah terjadi kongvergensi,dimana merupakan daerah tujuan dari percepatan arus angiin dari sekitar pusat depresi umumnya adalah kuat, dengan sirkulasi berlawanan arah perputaran jarum jam di belahan bumi utara dan dengan sirkulasi searah perputaran jarum jam di belahan bumi selatan.

b. Jelaskan bagaimana arah sirkulasi dan kecepatan arus angin masing2 utk belahan bumi utara dan belahan bumi selatan serta keadaan cuaca pada umumnya di daerah depresi tsb.
Jawab :

Depresi daerah sedang tsb pada umumnya bergeser dalam arah dari barat ke timur sejajar dengan Isobar2 di dalam sector panas.Front dingin dan front panas Depresi daerah sedang saling bertemu dan bersambung pada pusat Depresi.Disekitar pusat dan sepanjang Front dingin dan front panas pada sector dingin Depresi daerah sedang tdp cuaca buruk

5.  ……………….
a. Sebutkan penggolongan gunung2 es yg ada dilautan serta jelaskan bagaimana ciri – ciri dan pembentukan masing2.
Jawab :
Penggolongan gunung2 es yg ada di lautaan serta ciri2 dan pembentukkan masing2:
Ada dua golongan gunung2 es yg ada dilautan yg masing2 mempunyai ciri2 khusus ialah :
-  Gunung2 es dari belahan bumi sebelah utara dan gunung2 es dari belahan bumi selatan.

– Gunung2 es dari belahan bumi sebelah utara berasal dari putusnya lidah2 gletser, sdg gunung2 es dari belahan bumi selatan berasal dari putusnya / patahnya blok2 es yg berasal dari lapisan2 es dari pantai sekeliling benua antartika yg merupakan es laut tertambat ke pantai / es pantai.

b. Dimana sumber pembentukan gunung2 es dari belahan bumi sebelah utara.
Jawab :
Sumber dari gunung es belahan bumi utara ialah:
– Pulau Greenland dimana frans josef dn novoya zemlya yg merupakan sumber utamanya akan tetapi terbentuknya gunung2 es terletak dimuara2 gletser di pantai2 sekeliling pulau Greenland, gunung2 es tersebut kebanyakan berasal dari pantai barat laut dan pantai tenggara pulau greenla.