Oleh Mas Edy

Onboard: 19 January 2009

pasang-surut Ada salah satu kendala bagi sebagian officer khususnya 2nd officer adalah untuk mencari Pasang Surut / Tide Predictions sebuah pelabuhan yang hendak di singgahi untuk keperluan kalkulasi UKC atau pun untuk keperluan mengisi passage plan. Kalo sekedar hanya berlayar di perariran Indonesia dengan menggunakan Daftar Pasang Surut Indonesia saja saya rasa tidak terlalu rumit karena penyajian informasi pada Daftar Pasang Surut Indonesia Sangat Mudah. nahh.. sedikit rumit apabila anda berlayar di perairan luar negeri ocean going dgn kapal berbendera asing pula maka akan mengalami kendala untuk kita yang belum paham benar cara menggunakan ATT (Admiralty Tide Table) cara mendapatkan Secondary port dengan perhitungan menggunakan Standard port yang sedikit membutuhkan pengetahuan akan metode atau cara membuka tabel.

Menjawab keterbaatasan untuk anda yang tidak mau pusing dengan membuka table ATT saya menganjurkan anda untuk menggunakan pasang surut online. Metode ini menurut saya sangat simple sekali karena hanya dgn beberapa menit maka tempat di mana kita ingin mengetahui kedalaman air pun dengan mudah anda dapat. Yang di butuhkan adalah hanya sebuah perangkat computer yang terhubung ke Internet dengan step sbb:

1. Bukalah web  klik disini

2. Klik register untuk daftar member. ( layanan ini di sediakan gratis hanya anda di butuhkan menjadi member)

3. Isilah data diri anda selayak nya anda mendaftar menjadi anggota sebuah komonitas untuk mendapatkan account.

4. Setelah selesai Register. sign in lah dgn Email dan password yang telah anda daftar tadi.

5. setelah halaman dapat di access kliklah tab Predict pada halaman tsbt

6. kemudian akan keluar halaman berikut adalah Predict – Select Port

7. Lalu klik pada tab MAP ( untuk melihat map dunia) kemudian tinggal arahkan mose ke area dunia dimana lokasi yang anda hendak mencari pasang surut.

Selengkap nya untuk dapat menggunakan seluruh fasilitas tide prediction ini dengan mudah silahkan menelusuri tab-tab nya agar anda familiar menggunakan nya.

Catatan:
Pasang surut ini karena sejalan nya kemudahan layanan, tidak registrasi juga anda akan bisa menggunakan nya. (setelah klik link di atas—kemudian bisa langsung klik pada tab “PREDICT”
 
selamat menggunakan kemudahan yg ada. suksess