Oleh: Mas Edy

On Friday, 26 June 2009

Apa itu PMS? beberapa minggu yang lalu di televisi nasional rame pemberitaan mengenai kecelakaan pesawat TNI angkatan udara kita yang berjatuhan tak berdaya. Kemudian bermunculan lah opini dan saling lempar tangung jawab. dalam perdebatan, pembicaraan yang sempat terlintas di kuping saya ketika sedang liwat di depan pesawat televisi adalah sebuah kata yang mengimpirasi saya sehingga saya menulis artikel ini adalah PEMELIHARAAN.

Pemeliharaan adalah Sebuah kata yang menurut saya sangat bermakna bagi sesuatu milik kepunyaan, property atau benda. Sehingga kata tersebut menjadi harapan bagi pemilik benda agar kalo bisa tetap berkualitas, tetap kuat tahan lama dan tetap “eksis” ujar sang empunya barang.

Tetapi apalah di kata, hukum alam tidak bisa di ubah tetapi hanya bisah di minimalis pengaruhnya. Dari persaingan bersama waktu mulai dari saat material sudah di bentuk menjadi sebuah benda yang dikenal sampai dengan suatu masa dimana yang oleh para pencipta alat tersebut menamakan nya Expire. Batas waktu karena proses kimia.“Waktu melapukan Kayu” atau pun pada sebuah batas waktu di mana “besi menjadi karat” sehingga tidak layak di gunakan.

Dari inspirasi tersebut, saya mencoba mengaitkannya dengan dunia kita di dunia pelayaran. Pengoperasian armada kapal laut atau merchant ships untuk berniaga di atur dalam Safety Management Code for ship yang kita kenal ISM Code adalah “Plan Maintenance system” PMS.

Di atas kapal ada dua department yaitu Deck Department dan Engine Department. kedua departemen ini yang mempunyai andil dalam implementasi ISM Code yang di terapkan oleh sebuah shipping company untuk semua armandanya. Kebetulan saya orang deck maka saya lebih memfokuskan tulisan saya terhadap “Deck Department” yang akan menjadi tanggung jawab saya. Jadi untuk mesin saya liwatkan dulu. Maaf  ya.

Ok, Lansung saja kita menuju TKP (Tempat kejadian Perkara).

Secara garis besar pemeliharan kapal untuk Deck Departement di bagi dalam dua Bagian UMUM yaitu:

I. HULL dan,

II. EQUIPMENT

Hull adalah pemeliharaan dan perawatan kapal pada bagian utama kapal / bangunan kapal. dan Equipment adalah pemeliharaan dan perawatan kapal untuk alat-alat perlengkapan penunjang pengoperasian kapal. ( saya bahas khusus Deck Departement ).

Sebetulnya pemeliharaan armada kapal ada di bawa tanggung jawab Technical Department (Office) jadi apakah kapal harus menunggu sampai waktu docking baru maintenance..??!! waktu tidak kompromi dan hukum alam tetap berjalan “waktu melapukan kayu” dan waktu dimana “Besi menjadi karat” Sehingga di buat lah sebuah system maintenance (Plan Maintenance System) untuk memastikan kondisi perlengkapan dan kapal dlm keadaan safety dan layak laut sesuai dgn procedure yang di cantumkan dlm ISM Code, oleh SOLAS 73/74. dan aturan macam-macam dah…. banyak pokoknya. kalo uda nyampe aturan2 wah,, paling bete. Terlalu serius baca jadi botak depan. kalo botak di atas seh gak masalah, di sayang. Asal jgn botak di depan aja dikira di tolak melulu., hahaha. Smoga tidak mengerti apa maksud saya.

Pokonya gak usa kaya dosen nyebutin pasal demi pasal tapi untuk kita asal di pahami saja. oh, barang atau alat ini harus di rawat sperti ini, yg itu dan lain sbagainya. Ok.

kembali ke topik… oya, jangan anggap aku ajarin loh, aku juga popeye sperti anda. kalo ada superintendent yang baca tulisan saya pasti ketawa. hahaha. Tapi saya akan berusaha untuk mengoreksi tulisan saya untuk lebih baik.

Saya akan merangkum beberapa contekan saya mengenai PMS ini. dan selanjutnya saya akan menjabarkan pada poin nomor (II). EQUIPMENT. untuk (I). HULL nati nyusul blakangan.

II. EQUIPMENT

  • SAFETY EQUIPMENT / LSA-LIFE SAVING APPLIANCE (mualim III)
  • NAVIGATION EQUIPMENT (mualim II)
  • STAND BY EQUIPMENT (mualim III, II)
  • FIRE FIGHTING APPLIANCE (mualim III)
  • RADIO EQUIPMENT (mualim II)
  • O.D.M EQUIPMENT (mualim I) menyusul
  • OTHER EQUIPMENT (mualim I) menyusul

 

SAFETY EQUIPMENT / LSA-LIFE SAVING APPLIANCE  (mualim III)

  1. LIFE BOAT

    Propulsion (Mesin Sekoci) yang mengerjakan orang mesin

    Tiap Minggu:

    Lakukan pemeliharaan, pengecekan terhadap alat penggerak awal, (battery starting), Check kondisi battery, Check air battery, check battery charger, untuk mesin sekoci yang penggerak awalnya secara manual lakukan perawatan terhadap alat engkol dan tempatkan di tempat yang mudah di jangkau dan lakukan runing test.

    Tiap 3 bulan:

    Lakukan pemeliharaan, bersihkan filter DO/FO, Check kebocoran pada system, exhaust manifold.

    Tiap 6 bulan:

    Lakukan pemeliharaan dan pengecekan, Ganti baru Lub Oil Mesin dan Gear Box, check propeller conditions, pipa2 dan baut2 pondasi.

    30 bulan, Docking:

    Open Up Survey, buka cylinder head dan bagian2 utamanya, Cabut piston dan bagian2nya, buka main bearing dan crank pin bearing, check kondisi main bearing, check kondisi crank journal, check cylinder liner, gear box, ring piston, check kondisi propeller, pipi2 dan baut fondasi.

    Davits

    Tiap Minggu:

    Lakukan pengetesan winch, pemeliharaan dan pengecekan.

    Tiap 3 bulan:

    Lakukan pemeliharaan dan pengecekan terhadap kondisi winch, Ganti baru Lub Oil dan Grease, Check Fuse dan sambungan2 kabel.

    Lakukan perawatan dan pengecekan terhadap wire,block dan bearing2, embarkations ladder.

    30 bulan, dan docking:

    Bersihkan wire dan ganti grease, wire di balik sesuai kondisinya, atau dig anti baru. Block di lancarkan dan di beri grease, check kondisi realing, Embarcation Ladder ( tangga embarkasi) , jika perlu dig anti baru.

     
  2. LIFERAFT

    Container of liferaft

    Tiap 3 bulan, 30 bulan dan docking:

    Check Expire date, periksa penutup, pastikan pada posisi yang tepat, Check Next Inspection dan di catat di laporan pemeriksaan.

    Painters

    Tiap 1 bulan, 30 bulan dan docking:

    Check kondisi rope apakah masih bagus.

    Automatic Release

    Tiap 3 bulan, 30 bulan dan docking:

    Check expire date, pastikan pada posisi yang tepat, check next inspection dan di catat di laporan pemeriksaan.

    Fundations

    Tiap 1 bulan, 30 bulan dan docking:

    Check kondisi plate dan baut, ketok serta di cat.

  3. PERSONAL SAFETY EQUIPMENT
    Life Jacket, termasuk juga Imersion switch dan Thermal protection Aid
    Tiap 3 bulan, docking:
    Periksa kondisi fisik, untuk Life Jacket & Immersion switch periksa perlengkapan antara lain: pluit, lampu, expire date (check battery)recto reflector tape, Nama kapal, dan pendaftarannya. Periksa perlengkapan juga saat latihan sekoci per 1 bulan.
    Life Buoy
    Tiap 3 bulan, 30 bulan dan docking:
    Periksa kondisi fisik, Nama kapal dan tempat/pelabuhan pendaftaran,periksa life line, recto reflector tape, periksa tali buangan, periksa selfigniting light dan expire date.
    Line thorowing apparatus
    Tiap 1 bulan, 30 bulan dan docking:
    Lakukan perawatan dan lakukan pengecekan expire date.

 

NAVIGATION EQUIPMENT (mualim II)

  1. MAGNETIC COMPASS
    Tiap 3 bulan, 30 bulan, docking:
    Periksa dan bersihkan kaca dan bodinya, Test lampu penerangan mawar pedoman, komonikasi antara stand by compass dengan ruang komando, check air apakah ada gelembung udara,yang mengakibatkan error, check deviasi card pastikan tersedia dan di tempelkan di anjungan.
  2. GYRO COMPASS
    Tiap 3 bulan, 30 bulan, docking: 
    Perikasa dan bersihkan kaca dan bodinya, test apakah berfungsi dgn baik pada seluruh systemnya, check kondisi master gyro dan repeater, test lampu
    penerangan pembaca.
  3. RADAR
    Tiap 3 bulan, 30 bulan, docking: 
    Bersihkan kaca dan bodinya, slalu dlm kondisi bersih, panel di atas di greasi bagian poros yang berputar. Bersihkan panel dari debu. Test apakah system berfungsi dgn baik, apabila di lengkapi dengan ARPA ( Automatic Radar Plotting Aid )
  4. ECHO SOUNDER
    Power Suply Tiap 3 bulan Lakukan pengecekan, dan perawatan instalasi dari Power Supply ke pesawat Echo Sounder.
    Tranduser
    Docking:
    Lakukan pengecekan, perwatan & pembersihan. Perhatikan pada saat di lakukan pengecetan pada lambung.
    Stylus
    Tiap 3 bulan, Docking:
    Lakukan pengecekan, perwatan & dan bersihkan karbon.
  5. SPPED LOG:
    30 bulan, Docking dan tiap 3 bulan:
    Periksa dan bersihkan kaca dan bodinya, test apakah berfungsi normal atau tidak
    .

  6. RUDDER ANGLE INDICATOR:
    30 bulan, Docking dan tiap 3 bulan:
    Periksa dan bersihkan kaca dan bodinya, test lampu penerangan pembaca, cocokan penunjukan dengan gerakan steering wheel.

  7. TACHO METER
    30 bulan, Docking dan tiap 3 bulan:
    Periksa dan bersihkan kaca dan bodinya, test lampu penerangan pembaca, cocokan penunjukan dengan RPM main engine.
  8. WIND SPEED & DIRECTION INDICATOR
    30 bulan, Docking dan tiap 3 bulan:
    Periksa dan bersihkan kaca dan bodinya, test lampu penerangan pembaca, cocokan penunjukan dengan arah & kecepatan angin >>>>>>>>>>>>>>>>berlanjut.

Postingan lain yang berhubungan: