Oleh Mas Edy
On shore  15 Aug 2010
Perbarui: 28/02/16 ( Indian Ocean )

 

Noltime.com Melanjutkan cerita saya mengenai cara hitung error compass pada postingan saya sebelunya salah satu janji saya adalah “True Azimuth”

True Azimuth didapat dari perhitungan kecil membuka Nautical Almanac dan Daftar Ilmu Pelayaran atau Norie`s Nautical Tables atau juga calculator menggunakan formula / rumus.

 

Pada STEP II. True Azimuth ini,

Perlu dipahami bahwa “True Azimuth” bisa anda dapat apabila ada 3 macam hal lain terlebih dahulu sudah anda ketahui.

3 hal yang saya maksudkan adalah: LHA matahari, Lintang anda, dan Declinasi matahari. Itu saja tiga poin tersebut apabila anda telah ketahui maka kita bisa mendapakan True Azimuth.

 

Penjelasan singkat:

  1. LHA matahari didapat dari Nautical Almanac dengan sedikit perhitungan kecil. Tidak ada nories nautical tables atau tabel apa pun yang dibutuhkan disini. Murni hanya nautical almanac.
  2. Posisi Lintang Observasi, di-dapat dari posisi GPS kapal anda.
  3. Declination didapat dari Nautical Almanac dengan tambahan sedikit koreksi. ini juga tidak dibutuhkan nories table.

 

Nah, dari 3 point tersebut di atas yang sudah anda ketahui tentu adalah point nomor 2 “Posisi Lintang Observasi” ( karena anda langsung nyontek dari GPS kapal )

Tetapi poin no.1 dan 3 belum anda ketahui. Betul ?

Oke, untuk urain point no.1 dan 3 ( LH.A dan Declinasi ) ada pada postingan terpisah.

Setelah anda mengetahui ke-tiga hal yang saya maksud tersebut, maka hasil nya adalah seperti ini ( Uraian perhitungan LHA dilihat pada postingan lain yang saya maksud) di bawa ini adalah hasil nya:

LHA matahari : 64°

Lintang : 03° N

Declinasi : 20° N

 

Untuk mendapatkan True Azimuth, nah di sini baru keluarkan buku tabel “Nories Nautical Tables”.

Almanac tidak lagi dibutuhkan. Jauhkan dan singkirkan dari meja anda itu hanya membuat konsentrasi anda boyerrr..!!

oke langsung saja ya saya tulis sebelum nya bleng seperti ini:

A :

B :

C :

Azimuth :

True Azimuth :

 

Anda membuka Daftar “Nories Nautical Tables”  truss… anda dapat hasil sbb:

A : 0.03 S

B : 0.40 N ( – )

C : 0.37 N

Azimuth : N 69.7° W

True Azimuth : 360° – 69.7° = 290.3° T

 

Akhir nya anda telah mendapat True Azimuth.

Wah paya nih mas arnold maen langsung – langsung aja. Gmana jalan nya kok tiba-tiba telah mendapat True Azimuth. pake ABC segalah lagi..!! emang mie goreng ABC apa??. ya paya. “kurang mantap”.. he2

mie sedap kali kurang mantap.

Ini nih ketahuan yang abis jaga suka buat mie pake telor. Pantas koki nya suka “merajuk” kata orang melayu.. abis yang suka buat mie AB gak Officer piring pada banyak numpuk gk ada yg mau nyuci. yang merasa ya, di kapal suka nyesalin koki ntar masak nya gak enak lho.

Ok kembali ke topik..

Ok jadi sabar fren,, saya hanya mengarahkan cara berpikir anda memahami gaya penjelasan ku.

maka saya jelaskan:

Pertama:

Anda telah mendapat LHA matahari : 64-02.6,  Lintang : 02-31.2 N, Declinasi : 20-03.2 N (lihat di atas)

 

Kedua:

Selanjutnya ambillah buku "NORIE`S NAUTICAL TABLES" bawa kemari semua macam2 buku di atas meja jauhkan..!!! yang ada hanyalah "NORIE`S NAUTICAL TABLES" di atas menja. Kemudian bukalah di halaman buku tersebut cari daftar A.B.C Azimuth, letak halaman nya kira2 berada di tengah halaman ke akhir halaman buku dengan bagian BAB. CELESTIAL NAVIGATION. Sudah temukan?? Selanjutnya silahkan di-isi isian bagan kosong di atas. perhatikan pada kolom yang anda sebut Mie goreng ABC.

 

Penjelasan untuk A

0.03 didapat dari "Norie`s Nautical Tables" dengan argument LHA dan Lintang (Lihat Gambar: Table-A)

Mengapa di belakang angka 0.03 ada tanda S ? alasannya karena Lintang adalah N. Hukum nya, A ini sebutan nya selalu belawanan dengan Lintang (Sebab LHA di luar dari 90 – 270 perhatikan keterangan pada buku Norie’s table). Maka apabila Lintang N berarti sebutan A harus lah  S artinya berlawanan. perhatikan baik2..

 

TableA1

                                        ( Gambar: Tables-A ) Norie`s Nautical Tables

 

 

 

Penjelasan untuk B

0.40 didapat dari "Norie`s Nautical Tables" dengan argument LHA dan Declinasi matahari (Lihat Gambar: Table-B)

Mengapa di belakang angka 0.40 ada tanda N ? Alasannya karena Declinasi adalah N. Hukum nya, B ini sebutannya selalu senama dengan Declinasi. Maka apabila Declinasi N berarti B ini penyebutan nya harus N juga artinya selalu senama.

(sampai disini gimana? gampang yah.. saya sudah pernah bilang sesuatu pekerjaan terkesan sulit kalo belum tau. Tetapi kalo uda tau yahh segitu aja. iakan? bagaimana dengan maneuver tugboat gandeng tongkang. sulit gk?? kalo belum pernah jangan coba-coba. praktek dulu atau latihan main game perang sebelum sungguh2 berperang).

 

TableB1

     

                     ( Gambar: Table-B )  Norie`s Nautical Tables

 

 

 

Penjelasan untuk C

0.37 (bukan didapat dari Norie`s Nautical Tables) tapi didapat dari penjumlahan atau pengurangan A dan B. Hukum nya apabila A dan B senama maka dijumlahkan keduanya. Tetapi apabila tidak senama maka dikurangkan.

Mengapa di belakang angka 0.37 ada tanda N ? alasan nya penyebutan di C ini, akan otomatis mengikuti penyebutan A atau B salah satu yang memiliki nilai paling besar.

 

Penjelasan untuk Azimuth ( perhatikan di atas )

 

Mengapa tertulis seperti ini,  N 69.7° W (perhatikan di atas)

69.7° didapat dari "Norie`s Nautical Tables" dengan argument C dan Lintang.

Perhatikan baik-baik dengan argument 0.37 dan lintang. Maka angka ini anda cari di Norie`s Nautical Tables pada Daftar C. cari angka 0.37 ada di sana. Lihat paling atas sekali cari di semua halam Daftar C. apabila sudah ketemu, kemudian tarik pandangan ke bawa sejajar dengan lintang 03°  maka anda mendapat angka ini, 69.7 Sudah dapat, catat, tulis di kertas orek2an anda dengan ditambahkan  penyebutannya sehingga jadi seperti ini: N 69.7° W saya jelaskan sedikit… mengapa ada N?  alasan nya karena C adalah N. Mengapa W ? alasan nya karena LHA. karena nilai LHA masih di antara 000° – 180° . Namun apabila LHA nilai nya diantara 180° – 360° berarti penyebutan nya E.

 

Untuk lebih memudahkan pemahaman anda saya sertakan gambar,  Daftar C lihat gambar

 TableC1

                         ( Gambar: Table – C ) Norie`s Nautical Tables

 

Catatan:

Pengalaman saya sejauh saya mengamati matahari, saya hanya bisa mengambil error kompas dan dapat mengambil error kompas dengan LHA matahari hanya antara 270° – 360° itu adalah letak matahari dari matahari terbit di timur sampai dengan siang hari tegak lurus di atas kepala anda. Kemudian 000° – 090° ini adalah sudut jam matahari di atas kepala anda sampai dengan matahari terbenam di barat… kemungkinan anda bisa mendapat LHA lebih dari contoh saya di atas apabila anda berlayar di atas Lintang 10°N atau berlayar dibawa Lintang 10°S anda bisa mendapatkan LHA lebih dari ketentuan saya di atas dengan catatan Declinasi hampir sama dengan Lintang Anda, maka tentu terasa matahari lebih lama bersinar dari pada terbenam. Tetapi apabila anda berlayar hanya di sekitar khatulistiwa saja maka LHA anda tidak akan jauh dari patokan saya tersebut. Jadi apabila anda menulis LHA tidak di antara 270° – 360° dan 000° – 090° itu artinya anda ulangi lagi perhitungan LHA anda karena salah.

Tetapi apabila memang perhitungan LHA anda tetap hasil nya di luar jauh dari pada 000° – 090° dan 270° – 360°, berararti anda barangkali memang betul juga,,??i hanya saja perluh panggil Captain anda karena kemungkinan anda mengidap ganguan jiwa melihat matahari pada malam hari.. atau mungkin isu kiamat 2010 betul terjadi bumi tidak lagi perputar. hehe2 just kidding. (artikel ini 2010 Winking smile) revisi 2016.

Jadi maksud saya LHA di luar dari pada yang saya sebutkan, itu adalah LHA matahari di bawa cakrawala maya / horizon. uda nggak nampak matahari. Mana mungkin anda bisa baring matahari. okee..!!!

maka saatnya keluarkan ilmu perbintangan anda….

Mari kembali ke topik.. hhmm ..Ilmu bintang lain pembahasan ya.!! tenang aja nanti kita sama-sama belajar.

 

Penjelasan untuk True Azimuth ( perhatikan ini adalah final )

Setelah anda mendapkan Azimuth adalah N 69.7° W anda perluh lagi mengkonversi ke dalam penyebutan standar arah mata angin. maksud nya begini aku lupa juga bagaimana cara penyampaian ya. Jadi bagaimana itu (N 69.7° W) bisa di sebut cukup 001° atau 070° atau apa aja sampai 360° jadi tidak ada lagi di pake N dan W.

ayoo.. gimana: ahh taulah ya maksud nya.

Kalo anda belum nyambung juga ya payah… mari ikuti saya:

 

NW artinya : 360° ke 270° betul ya.

NE artinya : 000° ke 090°

SW artinya : 180° ke 270°

SE artinya 180° ke 090°

betul ya—- trus sumber nya dari sini.

N = North = 360°

W = West = 270°

S = South = 180°

E = East = 090°

 

Jadi kalo penyebutan nya N 69.7° W

Berarti 360° – 69.7° = 290.3° T

tanda T hanya penekanan saja bahwa  T (True Azimuth) tidak ada aturan yang mengatur.

 

Ok, maka kita sudah mendapat True Azimuth. untuk mendapatkan error compass seperti yang sudah saya katakan kita harus menyelesaikan 2 tugas pokok yaitu:

  1. Compass Azimuth sudah kita dapat adalah : 291° (lihat pada postingan lain cara mendapatkan compass azimuth)
  2. True Azimuth sudah kita dapat juga adalah : 290.3°

 

Setelah sudah dapat kedua pentolan itu mari kita jabarkan hingga ketemu error compass

Buatlah di buku cakaran anda seperti ini (Lihat Gambar: Error-calculation )

sudah saya masukin pada bagan singkat di bawah silahkan dibayang – bayangkan.

bagan macam itu bukan dari kampus seperti dosenku pak bekti ajarin.

Bagan ini cara complete penyelesaian 3 macam error compass di kapal sekaligus dalam satu perhitungan dan saya rasa ini paling mudah dipahami ketimbang di kampus. Dapat ilmu dari mas Suwondo. thks gk siah2 dulu cadet di kapal lokal ilmu foreign going.

 Errorcalculation45

                                       (Gambar: Error-calculation )

Catatan: untuk tanda penulisan pada Gyro Compass bukan untuk magnetik, itu harus anda tulis dengan tanda L atau H. Artinya ;

L = West,

H = East

dari gambar di atas bisa dibaca

 

Error Gyro = 0.7° L

Error Standard Compass  =  2.7° W

Error Steering = 0.7° L

Variasi di peta tahun 2010 adalah: 0.3° W   (klik  disini untuk melihat contoh)

Deviasi  Gyro = 0.4° L

Deviasi  Standard compass  =  2.4° W

Deviasi Steering = 0.4° L

Selanjut nya tinggal anda pindahkan hasil di atas ke Compass Observation & Error Record Book.

Selesai.  !!

Postingan lain yang berhubungan: